Monday 26 May 2014

E-procurement itu apa sih?

Menurut dari beberapa presentasi yang lalu, e-procurement memiliki banyak definisi antara lain :
1. E-procurement adalah manajemen dan integrasi elektronik dalam aktivitas pengadaan yang meliputi permintaan pembelian, pengesahan, pemesanan, pengiriman, dan pembayaran antara pembeli (perusahaan) dan penjual (pemasok).
2. E-procurement merupakan pembelian antar bisnis dan penjualan barang dan jasa melalui internet.
3. E-procurement merupakan bagian dari e-business dan digunakan untuk mendesain  proses pengadaan berbasis internet yang dioptimalkan dalam sebuah perusahaan.

Memang tampaknya rumit tapi setelah dipahami lebih lanjut sebenarnya e-procurement adalah proses pengadaan barang dari pemasok ke perusahaan melalui media elektronik. Pengadaan barang ini merupakan langkah agar barang bisa sampai ke perusahaan dengan meminimalisasi biaya pengadaan yang selama ini biasanya dilakukan oleh SDM. Karena adanya perkembangan teknologi yang lebih maju akhirnya pemasok bisa memilih apakah akan tetap menggunakan 2 sistem yaitu manual dan elektronik atau hanya menggunakan 1 sistem elektronik. Penggunaan media elektronik juga memiliki banyak kelemahan seperti diantaranya kurangnya pengetahuan SDM mengenai teknologi yang digunakan, kurangnya informasi yang disajikan dalam pengenalan e-procurement, biaya pengadaan media elektronik akan semakin tinggi, dan peningkatan biaya pelatihan SDM.

No comments:

Post a Comment